Senin, 09 Februari 2015

11 Jenis Sayuran Ini Buat Tulang Lebih Kuat

11 Jenis Sayuran Ini Buat Tulang Lebih Kuat

Kebanyakan orang berpikir bahwa terbaik untuk tulang dan gigi adalah susu . Tapi ternyata tak hanya itu , sayuran pun tak kalah baiknya untuk membuat tulang dan gigi tetap kuat . Susu memang sumber kalsium yang membangun tulang tumbuh kuat , tapi susu bukan satu-satunya sumber mineral penting tersebut . Sayuran tertentu juga memberikan banyak kalsium dan vitamin K , nutrisi yang sama pentingnya untuk kesehatan tulang .

11 Jenis Sayuran Ini Buat Tulang Lebih Kuat

Baik sayuran dan buah-buahan dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan menetralisir darah , yang membantu mengurangi ekskresi kalsium dan kehilangan atau kekeroposan tulang . Untuk membangun dan mempertahankan tulang yang kuat , tubuh membutuhkan jumlah kalsium , vitamin D dan vitamin K yang cukup . Ketiga nutrisi tersebut bekerja sama untuk membangun dan memperbaiki tulang , dengan vitamin D dan K memainkan peran sentral dalam penyerapan kalsium .

Dilansir Livestrong , Senin (26/12/2010) , sayuran hijau merupakan sumber utama vitamin K dan juga menyediakan kalsium . Contohnya antara lain :
  1. Lobak
  2. Brokoli
  3. Kubis Brussel
  4. Peterseli
  5. Bawang
  6. Selada
  7. Asparagus
  8. Okra
  9. Kacang polong
  10. Selada air
  11. Bok choy
Namun , tidak semua sayuran hijau mengandung kalsium , mineral yang penting untuk tulang . Menurut Harvard School of Public Health , beberapa sayuran juga mengandung asam oksalat , yang menghambat penyerapan kalsium , contohnya bayam dan lobak Swiss .

Ketika darah menjadi terlalu asam , tubuh meminjam kalsium dari tulang untuk menetralkan darah . Jika hal ini terjadi sering dan tubuh Anda tidak cukup mengkonsumsi nutrisi tinggi kalsium , vitamin K dan D , maka tulang akan menjadi rapuh dan lemah . Untuk itu , selain mengonsumsi susu , perbanyaklah makan sayuran yang mengandung kalsium dan nutrisi penting lain yang baik untuk menjaga tulang tetap kuat . (Detik.com)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar